Jumat, 22 Maret 2013

BaB 1 Pengertian Intranet


  • Pengertian Intranet
Intranet merupakan jaringan system informasi internal suatu perusahaan atau organisasi yang prinsip kerjanya sama dengan internet. Akses intranet memerlukan identifikasi pengguna dan password sehingga hanya dapat diakses oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut.
Akses internet memerlukan identitas pengguna dan password sehingga hanya dapat dilakukan oleh anggota organisasi atau karyawan perusahaan tersebut. Intranet biasanya digunakan untuk membagi kalender/jadwal kegiatan, dokumen, dan sarana diskusi internal yang tertutup, dapat diakses oleh pihak luar sehingga cukup aman.
Sebuah intranet dapat dihubungkan dengan jaringan internet sehingga seluruh pengguna resmi intranet dapat mengaksesnya. Namun, pengguna internet dari luar intranet tetap tidak bias mengakses intranet. Ini merupakan salah satu yang membedakan intranet dan internet. Intranet dapat mengakses internet tetapi internet tak dapat mengakses intranet.
Perusahaan yang memiliki intranet biasanya memiliki divisi IT (information technology) yang bertugas memelihara dan mengawasi penggunaan intranet. Teknisi IT bekerja di computer server yang dapat memantau penggunaan seluruh computer client di jaringan yang menjadi tanggung jawanya. Divisi IT juga berperan memeperbaharui (meng-update) data di intranet untuk menjamin selalu munculnya informasi baru.

Sebuah intranet dapat dihubungkan dengan jaringan internet sehingga seluruh pengguna resmi intranet dapat mengaksesnya. Namun, pengguna internet dari luar intranet tetap tidak bisa mengakses intranet. Ini merupakan salah satu hal yang membedakan intranet dan internet. Intranet dapat mengakses internet tetapi internet tak dapat mengakses intranet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar